Makin Dicari, Ini Harga Mobil Listrik Tesla Tahun 2021

Seiring dengan semakin populernya mobil listrik Tesla dari Amerika Serikat, harga kendaraan listrik Tesla di awal tahun 2021 mulai menjadi daya tarik tersendiri di industri otomotif. Bahkan di dalam negeri, jumlah pengguna kendaraan listrik semakin meningkat pesat. Tentunya, hal ini berita baik, karena menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat terus meningkat. Namun banyak orang yang belum mengetahui harga mobil Tesla di Indonesia. Kebanyakan orang mengetahui harga mobil Tesla hanya dari perkiraan.

Sejarah Tesla di Dunia
Buat yang belum tau, Tesla sendiri sebenarnya adalah perusahaan yang sudah ada sejak tahun 2003 silam. Perusahaan mengkhususkan diri dalam produksi kendaraan listrik, mesin dan peralatan dengan baterai yang dapat diisi ulang dengan nama Tesla Inc.

Tesla memiliki beberapa pendiri yaitu Elon Musk, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright. Pada tahun 2006, Tesla merilis mobil yang menjadi lini produk pertama dari perusahaan yang berbasis di Palo Alto. Nama Tesla Roadster. Mobil ini merupakan mobil sport pertama yang digerakkan oleh tenaga listrik. Kecepatannya pun tidak main-main, bisa mencapai 356 kilometer per jam.

Menariknya, mobil ini terjual 100 unit dalam waktu kurang dari tiga minggu, dan pada Oktober 2007, kedua mobil tersebut terjual 100 unit. Yang lebih menarik dari mobil sport Tesla Roadster ini adalah mobil ini diproduksi di 2 negara. Perakitan dilakukan di Jerman, sasis seluruhnya dibuat di Norwegia, dan penyelesaian dilakukan oleh karyawan Lotus dan Tesla di Hethel, Inggris.

Ya, Tesla merancang mobil ini bekerja sama dengan Lotus. Beberapa komponen bahkan dapat dipertukarkan antara Tesla Roadster dan Lotus Elise. Harga Tesla Roadster ini pada tahun 2009 adalah US $ 128.500 atau setara dengan Rs 7 miliar. 2009 berarti 11 tahun yang lalu. Berapa biayanya jika dikonversikan dengan harga 2021?

Tesla Model S

Bisa dibilang mobil ini termasuk salah satu mobil listrik yang paling familiar. Tapi tahukah Anda cerita di balik Tesla Model S? Mobil itu diluncurkan sebagai prototipe pada tahun 2012. Nama pada saat itu adalah Whitestar, dan sekarang dijual dengan nama Tesla Model S. Tesla Model S resmi diproduksi pada akhir tahun 2011 dan resmi dijual pada tahun 2012. Model S dihargai US $ 57.400, atau setara dengan diskon Rs 7,97 miliar, belum termasuk pajak. Tesla Model S menarik secara internal. Karena host layar sentuh yang sangat besar digunakan secara internal. Pada 2021, Tesla memperbarui Model S. Tersedia dua varian, yang pertama adalah Long Range dan yang kedua adalah Plaid. Remote ini dilengkapi dengan 2 motor penggerak semua roda. Ia memiliki intensitas 670 hp dan dapat menempuh kilometer per jam hanya dalam 3,1 detik.

Sedangkan tipe kisi dilengkapi dengan 3 motor penggerak semua roda. Ia memiliki 1.020 hp dan dapat menempuh satu kilometer per jam hanya dalam 1,9 detik! Jika Mobil Tesla Model S diluncurkan pada 2021, berapa biayanya? Harga termurah adalah US $ 72.990 (atau Rs 1 miliar). Kemudian, harga Plaid adalah US $ 112.990 (atau Rs 1,6 miliar). Terakhir, Plaid +, harganya 132.990 dollar AS atau setara Rp1,9 miliar.

Tesla Model X

Tesla Model X memiliki desain hatchback. Salah satu yang diketahui orang tentang mobil ini adalah penggunaan pintu belakang bersayap camar yang juga mirip sayap burung. Ada 2 varian Tesla Model X. Yang pertama adalah “Remote” dan “Grid”. Harga model remote tersebut US $ 83.190 atau setara dengan Rp11 miliar. Sedangkan harga Plaid adalah US $ 113.190 atau setara dengan Rp 1,6 miliar. Bisa dibilang Tesla Model X merupakan mobil mid-size milik Tesla.

Tesla Model Y

Model lainnya adalah Y. Harga Tesla Model Y lebih murah dibandingkan Model X. Harga termurah adalah $ 34.190 atau setara Rp. 47 juta dalam kisaran standar. Lalu ada “Long Range” US $ 42.190 atau setara Rp 587 juta dan “Performance” US $ 52.190 atau setara Rp 725 juta. Dari segi harga, Tesla Model Y memang sedikit lebih murah dari model sebelumnya. Setelah Model Y, ada Tesla Model 3 yang merupakan Model termurah.

Tesla Model 3
Lantas, berapa harga mobil Tesla yang paling murah? Harga mobil Tesla paling murah adalah Model 3. Tesla Model 3 dibandrol dengan harga US $ 30.190 atau Rp 420 jutaan setara dengan model dan model standar. Lalu ada Model 3 Long Range dengan harga US $ 39.190 (atau Rp 545 jutaan). Terakhir ada Performance, harganya 47.190 dollar AS atau setara dengan Rp 656 jutaan. Di antara semua model, Tesla Model 3 memiliki label termurah. Namun harap diingat bahwa semua harga di atas tercantum di Amerika Serikat.

Standar Rp1 miliar pola kisi Rp1,6 miliar pola kisi + Rp1,9 miliar jarak jauh Rp1,1 miliar pola kisi Rp1,6 miliar standar Rp475 juta jarak jauh Rp587 juta kinerja Rp725 juta standar Rp420 juta jarak jauh Rp545 juta kinerja Rp656 juta harga Tesla di Amerika Sumber Negara dari situs resmi Tesla pada tahun 2021

Harga Mobil Tesla di Indonesia
Bagaimana dengan harga di Indonesia? Berdasarkan pantauan, terlihat harga mobil Tesla di Indonesia lebih mahal. Ini karena biaya transportasi, biaya kustomisasi pelanggan, dan pajak yang dipungut oleh pemerintah Indonesia. Tesla Model 3 termurah di Indonesia Rp 1,5 Miliar. Meski begitu, hanya tipe jangkauan standar yang bisa didapatkan.

Sementara itu, Tesla Model S menghabiskan 3 miliar rupiah on the road Jakarta. Untuk Tesla Model X harganya di Indonesia juga sudah mencapai 3 Milyar rupiah, dan terdapat dua versi yaitu long-range dan high-performance. Harga tertinggi yang ada di pasaran adalah Tesla Model X Performance 7 kursi, yakni Rp 3,8 miliar on the road Jakarta. Dibandingkan dengan harga di Amerika Serikat, harga ini sangat berbeda. Tak heran jika Tesla di Indonesia hanya dimiliki oleh segelintir orang saja.

Mereka yang punya uang banyak bisa dengan mudah membeli mobil listrik Indonesia. Faktanya, dalam beberapa tahun terakhir, sangat mudah menemukan Tesla di tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan kelas atas di Jakarta.

Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *