IUD, Kontrasepsi untuk Cegah Kehamilan

Kini ada lebih dari satu kontrasepsi yang dapat Kamu dan sahabat Kamu gunakan untuk menunda kehamilan. Salah satu kontrasepsi yang cukup akrab bagi Kamu mungkin IUD kontrol kelahiran. Tapi sebenarnya, apa itu IUD dan seberapa efektif alat ini selain obat mencegah kehamilan?

Apa itu KB IUD?

IUD ialah kepanjangan dari unit intrauterine atau juga dapat dibilang serupa KB spiral.

Ya, IUD ialah alat kontrasepsi plastik yang mempunyai bentuk huruf ‘T’ dan dipasang di dalam rahim untuk menolong kehamilan.

KB IUD dipecah jadi dua jenis, yaitu:

IUD berlapis tembaga atau IUD non-hormonal.

IUD yang membawa hormon progesteron atau hormonal IUD.

Biarkan kedua KB IUD, kebalikannya kedua jenis pengawasan kelahiran spiral ini mempunyai teknik kerja yang beda dalam melindungi kehamilan.

Bagaimana teknik kerja KB IUD?

Trik kerja KB IUD dapat dibedakan menurut jenisnya, yaitu:

  1. IUD non-hormonal

Diambil dari Kids Health, IUD penanganan kelahiran non-hormonal ialah tembaga yang ditumpuk spiral kb.

Fungsi KB IUD non-hormonal ialah untuk menolong menolong kehamilan dengan melambatkan sperma ke saluran antara rahim dan ovarium (tuba falopi).

Kontrasepsi IUD non-hormonal ini menciptakan sel sperma tak dapat berjumpa telur untuk pembuahan. Akibatnya, telur jadi lebih tidak gampang untuk dibuahi di rahim.

2. Hormonal IUD

KB Hormonal IUD ialah kontrol kelahiran spiral yang memiliki hormon progesteron sintetis.

Pemanfaatan KB IUD yang satu ini dapat berdampak lendir serviks menebal dan membikin sperma ruwet berenang di dalam rahim.

IUD ialah peranti kontrasepsi yang mampu menipiskan ruang rahim yang harus menebal disaat bertumbuh biak terjadi.

Masalah ini tentu dapat menghentikan pendirian pelepasan telur (ovulasi) dan mengamankan sel sperma yang menyemaikan telur.

Jenis penanganan kelahiran spiral ini juga dapat kurangi arus darah datang bulan yang selalu berakibat pada rasa sakit atau lebih terkenal dengan panggilan dismenore.

Apakah IUD kontrasepsi efektif untuk melindungi kehamilan?

Jika dibanding dengan kontrasepsi lain, KB IUD ialah alat kontrasepsi yang dapat bekerja dengan metode yang efektif untuk menjauhi kehamilan.

Kedua jenis kontrol kelahiran spiral yang telah diucapkan sama efektifnya untuk dipakai kalau Kalian tak ingin hamil untuk sebentar waktu.

KB IUD ialah alat kontrasepsi yang tepat untuk Kalian dan pendamping Kamu yang masih ingin menikmati waktu mereka dan belum siap untuk momongan.

Bahkan, KB IUD yaitu alat kontrasepsi yang bisa langsung menolong penciptaan kehamilan sesudah dipasang di dalam tubuh. Jadi, kemungkinan hamil dikala menggunakan IUD kontrol kelahiran sungguh kecil.

Tidak cuma itu, KB spiral ini bisa bertahan untuk waktu yang lama. Ambil contoh, KB IUD non-hormonal bersusun tembaga dapat bertahan sampai-sampai 10 tahun. IUD hormonal pendek UiHbe yang ada muatan progestin sintetis dapat bertahan sepanjang 3-5 tahun. oleh karna itu, untuk menjauhi penyebaran gejala penyakit aurat antara Kamu dan pasangan, ialah tepat untuk memakai kondom dikala berkorelasi seks.

Sumber : tundakehamilan.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *