Jenis aki Motor yang Baik dipasar Indonesia

Jenis aki Motor yang Baik dipasar Indonesia

Peranan aki pada komponen kendaraan bermotor sangat penting, pada umumnya aki hanya dibedakan hanya menjadi dua macam, yakni aki basah dan aki kering. Sebelum kita membahas tentang bermacam jenis aki mobil, ada baiknya jika kita mengetahui tentang perngertian aki basah dan juga aki kering, pengertian dari aki basah adalah media penyimpan arus listrik yang untuk saat ini menjadi jenis yang paling umum digunakan pada kendaraan bermotor, untuk jenis aki basah masih memerlukan air aki, yang sering kita sebut dengan accu zuur.

Sedangkan untuk jenis aki kering sendiri sudah tidak memerlukan cairan yang sering digunakan pada aki basah, aki jenis ini dapat bertahan dengan kondisi getaran yang berebihan dan suhu udara yang rendah, dimensi untuk aki ini tergolong cukup kecil dan jeis aki kering ini tidak membutuhkan perawatan aki yang berlebihan, namun sangat renta dengan pengisian yang berlebihan dan pemakiannya kadang sampai tekor, hal ini dapa mngekibatkan kerusakanpada sel0sel penyimpanan arusnya, jadi jika anda mengunakan aki jenis ini ada baiknya jika anda sealu memperhatikan kadar energi dan jangan biarkan aki tersebut habis pada kendaraan pribadi anda.

Jenis-Jenis aki Motor yang Baik dipasar Indonesia

Untuk membedakannya juga sangatlah mudah, karena jenis aki ditentukan dengan kandungan (Pb) timbal dan juga (ca) kalsium yang terdapat didalamnya. Tapi hanya ada beberapa jenis saja yang terdapat di pasar.

Berikut ini kami akan menyajikan tentang beberapa jenis yang terdapat di pasar Indonesia.

  1. Untuk jenis Konvesional (premium) membutuhkan akan sangat membutuhkan perawatan (dengan cara menambah air pada aki) secara teratur dan berkala. Jenis aki ini mengunakan kandungan Pbsb dan Pbsb pada plat positih dan negatifnya.
  2. Ada juga jenis aki yang membpunyai perawatan yang cukup mudah jika dibandingkan dengan aki konvesional, hal ini di karenakan laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah. Jenis aki ini adalah Hybird (low maintance). untuk plat positif dan negatifnya sendiri mengunakan kandungan Pbsb dan Pbca.
  3. Terdapat juga jenis aki yang tidak memerlukan perawatan, yakni jenis aki MF. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan laju penguapan air dan juga laju kehilangan muatan listrik yang sangat rendah, untuk jenis aki ini mengunakan jenis kandungan Pbca dan Pbca untuk plat positif dan negatifnya.

Demikian informasi otomotif yang dapat kami sampaikan tentang bermacam-macam jenis aki mobil dan aki motor, semoga informasi yang kami sajikan kali ini dapat menjadikan anda lebih memahami tentang berbagai jenis aki.

Jenis aki Motor yang Baik dipasar Indonesia
Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *